Selasa, 15 Januari 2013

Negara Bagian Perak Malaysia

Perak salah satu dari 13 negara bagian Malaysia, adalah negara terbesar kedua di Semenanjung Malaysia. Ini berbatasan Kedah dan Thailand Provinsi Yala ke utara, Penang ke barat laut, Kelantan dan Pahang ke timur, Selangor ke selatan, dan Selat Malaka ke barat.

Ibukota administratif negara dari Ipoh dikenal historis untuk timah-kegiatan penambangan sampai harga logam turun, sangat mempengaruhi perekonomian negara. Ibukota kerajaan, namun tetap di Kuala Kangsar, di mana istana Sultan Perak berada.

Setelah koalisi oposisi memenangkan Perak dalam pemilu 2008 umum, Mohammad Nizar Jamaluddin dari Pan-Malaysia Islamic Party (PAS) diangkat sebagai Menteri Besar baru (Ketua Menteri) negara pada akhirnya, meskipun Partai Demokrat Aksi (DAP ) memenangkan kursi terbanyak dibandingkan dengan partai-partai oposisi lainnya. The Besar Menteri tidak berasal dari partai berbasis Cina sebagai konstitusi negara menyatakan bahwa Ketua Menteri harus seorang Muslim, kecuali Sultan khusus menunjuk seorang Menteri non-Muslim Kepala. Sebagai DAP tidak memiliki Assemblymen muslim, jika Sultan menegaskan bahwa Ketua Menteri harus seorang Muslim, maka Assemblymen harus datang dari kedua Parti Keadilan Rakyat (PKR) atau PAS, yang dibentuk pemerintah negara bagian koalisi dengan DAP. Pada tanggal 3 Februari 2009, Barisan Nasional, partai yang berkuasa nasional, memperoleh kontrol atas pemerintah negara bagian, setelah pembelotan dari tiga Pakatan Rakyat Assemblymen. Namun, beberapa kasus telah diajukan di Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur menantang keabsahan Barisan Nasional yang baru pemerintah, menyebabkan krisis konstitusional. Menambah krisis ini adalah kenyataan bahwa Pakatan Rakyat Menteri Besar telah menolak untuk mengundurkan diri dan menyatakan bahwa ia masih Besar Menteri hukum sampai ia dikeluarkan melalui mosi tidak percaya atau pemilu dadakan.

Perak meliputi area seluas 21.035 km2 (8.122 sq mi), yang membentuk 6,4 persen dari total lahan bank di Malaysia. Ini adalah negara terbesar kedua di Malaysia Semenanjung Melayu, dan keempat di seluruh Malaysia .

Hari Perak hangat dan cerah, sementara malam yang keren sepanjang tahun melalui, dengan hujan sesekali di malam hari. Suhu cukup konstan, yaitu dari 23 ° C menjadi 33 ° C, dengan kelembaban persen seringkali lebih dari 82,3. Curah hujan tahunan 3.218 mm ukuran pada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar