Selasa, 15 Januari 2013

Ekonomi di Perak Malaysia

Perak adalah salah satu negara terkaya di Malaysia selama masa kolonial Malaya, sebanyak deposit mineral Malaya yang terletak di sini. Industri timah sini kemudian berkembang di bawah naungan Inggris dipicu oleh Revolusi Industri berlangsung kemudian. Industri logam timah dunia runtuh pada 1980-an, kemudian memaksa penutupan banyak tambang timah lokal bersamaan ekonomi Perak melumpuhkan itu.

Ini pergantian peristiwa memimpin pemerintah negara setempat untuk diversifikasi basis perekonomian terhadap komoditas berbasis manufaktur. Pertengahan 1980-an menyaksikan gelombang besar elektronik UKM dari Taiwan ke Silibin dan Jelapang kawasan industri, tetapi telah pindah ke China pada 1990-an sebagai akibat dari outsourcing. Sebuah manufaktur hub mobil lokal disebut Proton City di Tanjung Malim telah dikembangkan dengan pembentukan state-of-the-art fasilitas manufaktur mobil, itu adalah produsen terbesar mobil Proton. Namun, perekonomian tidak pernah sepenuhnya pulih dari penurunan industri timah.

Pertanian juga merupakan salah satu industri utama Perak, terutama yang menyangkut karet, kelapa dan kelapa sawit. Pariwisata adalah industri yang berkembang diberikan atraksi berlimpah negara alami.

Perak diatur untuk menjadi negara kedua (setelah Kelantan) untuk memperkenalkan dinar emas dan dirham perak sebagai mata uang resmi.

Ada beberapa tempat kepentingan di Perak, seperti modal negaranya, Ipoh, legendaris untuk mie halus mereka dalam sup yang disebut 'Sar Hor Fun' dan nasi ayam Hainan. Pomelo Tambun lain adalah daya tarik untuk penduduk setempat dari negara-negara lain.

Kuala Kangsar, hanya 48 km sebelah utara dari Ipoh di Sungai Perak, adalah kota kerajaan Perak. Hal ini didominasi oleh tiga bangunan: Istana Iskandariah, Istana Kenangan dan Masjid Ubudiah. The Iskandariah Istana, terletak di sebuah bukit yang menghadap ke sungai, adalah istana Sultan Perak. Istana Kenangan, yang dibangun sebagai tempat tinggal sementara selama konstruksi Iskandariah ini dikenal dengan arsitektur yang indah. Masjid Ubudiah adalah struktur yang mengesankan atasnya dengan konstelasi kubah keemasan cerah.

Perak State Museum terletak di Taiping, dan merupakan museum tertua di Malaysia.

Kastil Kellie terletak di Batu Gajah. Dibangun pada tahun 1915 dan tidak pernah selesai sebagai pemilik William Kellie Smith kembali ke Inggris dan meninggal di sana. Banyak yang percaya kastil angker, memiliki kamar rahasia banyak dan bahkan sebuah terowongan tersembunyi. Hari ini, dibuka sebagai obyek wisata.

Diakses dari Lumut, Pulau Pangkor memegang campuran permukiman nelayan kuno dan pantai putih yang dihiasi dengan vegetasi yang kaya. Air hangat yang sempurna untuk berenang dan menyelam sementara atmosfer hanya santai. Banyak resort yang tersedia untuk akomodasi di pulau ini populer.

Sebuah air putih yang indah rafting lokasi di Perak adalah di Resort Gopeng saya (Gopeng). Banyak di sini untuk melakukan arung jeram (kelas 3), air terjun abseiling, trekking bunga rafflesia itu, trekking hutan dan lain-lain banyak paket petualang di Perak.

Lemang, kelezatan Melayu yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam tabung bambu di atas api lambat adalah harus-memiliki selama perayaan seperti Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Haji, khususnya bersama dengan beberapa rendang. Ada yang bilang lemang berasal dari masyarakat adat yang memasak nasi dengan menggunakan bambu.

Tempoyak lain kelezatan Melayu populer. Ini adalah ekstrak durian yang diawetkan dan disimpan dalam sebuah guci. Umumnya dimakan dengan cabe dan hidangan lain, dikenal karena popularitas bahan utamanya, durian, di antara penduduk setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar